Selasa, 13 Januari 2009

Refleksi Perkuliahan Perencanaan Pembelajaran

Pembelajaran matematika yang berkualitas perlu ditunjang oleh persiapan yang optimal. Perencanaan pembelajaran lebih tepat dibuat oleh guru yang akan mengajar. Hal ini mengandung makna bahwa seorang guru dituntut untuk mempersiapkan pembelajaran dengan sebaik-baiknya. Setiap guru tentu mengetahui karakteristik siswa maupun sekolah masing-masing. Sehingga ketika guru membuat persiapan akan lebih memahami dan mengerti pembelajaran apa yang sesuai untuk siswanya.

Perencanaan pembelajaran matematika dibuat bukan berdasarkan apa yang nanti akan dilakukan oleh guru tetapi berdasarkan bagaimana siswa belajar, bagaimana siswa membangun pengetahuannya dan bagaimana siswa memperoleh pengalaman dari apa yang dipelajarinya. Sehingga siswa tidak lagi bertindak sebagai obyek belajar tetapi menjadi subyek belajar.

Banyak permasalahan dalam pembelajaran yang dihadapi oleh setiap guru matematika. Permasalahan yang muncul bervariasi tergantung dari karakteristik siswa maupun tempat siswa belajar. Untuk itu perlu berbagai upaya mencari solusi bagaimana setiap permasalahan dapat diselesaikan. Perlu pemikiran dan kajian yang mendalam untuk memperoleh alternatif-alternatif solusi yang efektif dan efisien.

Berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya, maka yang mampu menyelesaikan masalah-masalah dalam pembelajaran matematika adalah guru matematika itu sendiri. Dengan banyak melakukan pertemuan dan diskusi dengan sesama guru matematika tentu akan banyak hal yang bisa diperoleh dan dikembangkan. Pepatah mengatakan: “Padi berubah menjadi beras bukan karena mesin tetapi karena bergesekan dan besentuhan dengan padi yang lainnya”. Ketika padi sudah menjadi beras, maka nilainya akan menjadi lebih tinggi. Hal ini mengisyaratkan kepada para guru bahwa untuk meningkatkan kualitas diri, maka guru harus terbiasa melakukan “sharing”, terbuka menerima saran dan kritik, serta secara rutin mengikuti perkembangan pendidikan dari internet.

Dalam tahap yang lebih tinggi, seorang guru harus mampu mengembangkan kemampuannya dalam melakukan penelitian. Dengan demikian guru juga adalah seorang peneliti. Penelitian yang dilakukan dengan dibantu oleh rekan guru akan memunculkan hasil yang lebih obyektif. Kegiatan ini merupakan suatu upaya untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran.

Harapan terjadinya peningkatan kualitas pembelajaran matematika akan terwujud secara nyata bergantung bagaimana impelentasi yang dilakukan oleh para guru matematika berdasarkan pemahaman dan pengetahuan yang diperolehnya.

6 komentar:

  1. Selamat pak atas refleksinya, semoga kita tetap terjalin silaturahminya lewat BLOG ini minimalnya ! sukses selalu !!

    BalasHapus
  2. Amiin. Terima kasih Pak Iwan. Bravo Sukabumi.....

    BalasHapus
  3. SMP Negeri 2 Kalijati mempunyai Visi TOP yang memiliki makna bahwa SMPN 2 Kalijati Taqwa, Optimis dan Prestasi yang tinggi.

    BalasHapus
  4. Andaikan semua sekolah bisa melaksanakan prosedur tersebut, Insya Alloh dunia pendidikan kita akan maju terutama kualitas guru....amiin

    BalasHapus
  5. Terima kasih Pak Jajang. Semoga kita menjadi pengguna blogger yang berkualitas.

    BalasHapus
  6. How to install Google Nest wifi to Home Network....read more Installation Guide

    BalasHapus