Rabu, 14 Januari 2009

ELEGI SEORANG GURU MATEMATIKA

Pendidikan matematika akan berubah dan berkembang jika ada komitmen bersama di antara stakeholder yang ada. Kajian tentang pembelajaran matematika menjadi sorotan utama. Peran guru dalam inovasi pendidikan dipandang sangat menentukan. Perubahan cara guru dalam menyelenggarakan pembelajaran proses belajar mengajar matematika sangat perlu dilakukan. Guru harus berupaya untuk melaksanakan pbm yang progresif (inovatif) dan meninggalkan cara melaksanakan pbm yang tradisional. Untuk menuju kea rah itu, maka guru dituntut untuk memiliki kompetensi sebagai guru professional yang melilputi: kemampuan pedagogic, professional, kepribadian dan social. Upaya untuk mencapai kemampuan professional bias diawali dengan mulai membuka diri terhadap perubahan-perubahan dan perkembangan pendidikan matematika yang terjadi. Guru dituntut aktif mengikuti kegiatan di sekolah dan kegiatan MGMP dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran matematika. Seiring perkembangan teknologi, maka guru perlu memanfaatkan kemajuan teknologi di antaranya penggunaan fasilitas ICT sehingga akan memiliki wawasan yang luas dan bisa sharing dengan orang lain.
Pembelajaran matematika yang berkualitas perlu ditunjang oleh persiapan yang optimal. Perencanaan pembelajaran lebih tepat dibuat oleh guru yang akan mengajar. Hal ini mengandung makna bahwa seorang guru dituntut untuk mempersiapkan pembelajaran dengan sebaik-baiknya. Setiap guru tentu mengetahui karakteristik siswa maupun sekolah masing-masing. Sehingga ketika guru membuat persiapan akan lebih memahami dan mengerti pembelajaran apa yang sesuai untuk siswanya.
Perencanaan pembelajaran matematika dibuat bukan berdasarkan apa yang nanti akan dilakukan oleh guru tetapi berdasarkan bagaimana siswa belajar, bagaimana siswa membangun pengetahuannya dan bagaimana siswa memperoleh pengalaman dari apa yang dipelajarinya. Sehingga siswa tidak lagi bertindak sebagai obyek belajar tetapi menjadi subyek belajar.
Namun yang terpenting adalah niat para guru untuk mau melakukan perubahan/inovasi yang diiringi dengan implementasi di lapangan. Semua itu akan menjadi terasa indah jika didasari dengan keikhlasan.

6 komentar:

  1. Ya seperti itulah pak seharusnya seorang guru, kalau kita hayati ternyata masih banyak kekurangan yang kita miliki, jauh dari harapan dan dambaan semuanya. Elegi Seorang Guru menggapai batas... cerminan diri kita yang sebenarnya !! Selamat atas tulisannya terus tetap berkarya !

    BalasHapus
  2. Semoga kita bisa menggapai batas yang jauh itu pak. Yakinlah asal ada niat dan usaha kita akan mencapai ke sana.

    BalasHapus
  3. keiklasan dan kesabaran pak, sebab implementasi di kelas membelajarkan siswa itu tak semudah teorinya dan ternyata costnya tidak murah, kalau tidak betul-betul menguasai model pembelajaran inovativ yang kita terapkan hasilnya justru bisa mengkawatirkan, maka memang perlu persiapan yang lengkap dan betul-betul matang

    BalasHapus
  4. Terima kasih Pak Iwan, Bu Mul dan Pak Min. Sukses buat semua!!!

    BalasHapus
  5. InsyaAlloh kita semua berharap untuk menggapai batas itu. Tinggal bagaimana upaya kita untuk selalu ikhlas dengan apa yang mungkin nanti akan kita hadapi; menjaga agar tetap istiqomah dan semangat. Selamat berjuang dulur!

    BalasHapus
  6. Dengan niat yang tulus dibarengi dengan doa dan usaha, Insya Alloh kita akan menggapai batas itu.
    Oh ya Pak Ada kabar dari pak Pri kita masuk tanggal 10 Februari 2009 jam 08.00
    yang membaca informasi ini tolong sampaikan kepada teman yang lain

    BalasHapus